lips clinic

Close

Apa Itu Breast Augmentation ?

Apa itu augmentasi payudara?

Augmentasi payudara atau bisa juga disebut dengan Breast Augmentation adalah prosedur bedah kecantikan invasif untuk memperbesar serta mengencangkan payudara yaitu dengan implan. Prosedur yang dikenal sebagai augmentation mammoplasty ini juga dapat menggunakan cangkok lemak tubuh lain seperti bokong dan paha diambil melalui sedot lemak dan disuntikkan ke payudara. Operasi ini dapat membantu wanita yang sedang mengiginkan payudaranya terlihat kencang secara alami.

Augmentasi payudara dapat dikombinasikan dengan bedah payudara lainnya, seperti mastopeksi yaitu pengencangan payudara dan rekronstuksi payudara yang direkomendasikan bagi pasien yang telah menjalani mastektomi atau payudaranya rusak akibat cacat,kecelakaan atau trauma.

 

Augmentasi payudara merupakan prosedur yang idel bagi wanita yang :

  • Ingin semakin percaya diri dengan penampilan yang lebih menarik
  • Ingin memperbesar payudara mereka karna dianggap tidak sesuai dengan bentuk tubuh
  • Ingin mengembalikan bentuk dan ukuran payudara seperti sedia kala setelah berat badan turun, penuaan, dan kehamilan

Seperti operasi kecantikan lainnya, augmentasi payudara juga memiliki batasan tertentu. Prosedur ini tidak dapat mengencangkan payudara yang kendur atau turun, kecuali jika digabungkan dengan pengencangan payudara (mastopeksi).

Prosedur ini juga tidak disarankan bagi:

  • Obesitas – Studi menunjukkan bahwa pasien yang obesitas atau kelebihan berat badan lebih beresiko mengalami komplikasi serius akibat augmentasi payudara
  • Berencana Hamil – Dokter bedah biasanya meminta wanita yang berencana hamil atau ingin memiliki anak lagi unutk menunda prosedur ini.
  • Sedang Menyusui – Efek augmentasi payudara bagi wanita menyusui masih diperdebatkan hingga saat ini. Beberapa ahli menyatakan bahwa 90% wanita yang menjalani augmentasi payudara dapat menyusui. Namun ada juga yang beranggapan bahwa prosedur ini berdampak buruk pada produksi ASI, tergantung pada letak sayatan, jumlah jaringan glandular, serta apakah ada saraf dan saluran susu yang rusak akibat pembedahan.

Cara Kerja Augmentasi Payudara

Biasanya, sebelum pembedahan pasien akan dibantu dokter bedah dalam memilih jenis implan payudara yang diinginkan. Pilihan yang tersedia adalah:

  • Implan berisi zat

Dua implan payudara yang paling populer adalah saline dan silikon. Keduanya memiliki keunggulan dan kekurangan tersendiri.

Implan saline terbuat dari silikon yang berisi cairan garam steril sedangkan implan silikon terbuat dari lapisan silikon yang berisi gel silikon lengket

  • Lemak Tubuh

Transfer lemak tubuh merupakan pilihan bagi pasien yang tidak nyaman dengan benda asing didalam tubuhnya dan hanya menginginkan penambahan ukuran payudara yang tidak terlalu signifikan. Pada prosedur ini, dokter bedah mengambil lemak dengan sedot lemak, bisa dari bokong, perut, paha, serta lengan lalu disuntikkan ke payudara. Walaupun kurang diminati, prosedur ini memiliki tingkat keberhasilan yang sangat baik.